Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, kegiatan one-on-one business matching tersebut dilaksanakan di Hotel Taj Mahal, New Delhi, India, Senin (22/1). Acara itu merupakan bagian dari rangkaian misi dagang Kementerian Perdagangan ke India.
“Potensi transaksi yang diperoleh dari sesi one-on-one business matching dalam rangkaian misi dagang ini mencapai US$2,16 miliar, atau setara dengan Rp28,67 triliun,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (25/1).
India merupakan salah satu pasar utama Indonesia. Total perdagangan kedua negara pada tahun 2016 sebesar US$12,98 miliar. Nilai ini meningkat pada periode Januari-November 2017 menjadi US$16,55 miliar. Produk Indonesia yang disuplai ke India antara lain batu bara, CPO, tembaga, karet, dan timah.
Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Arlinda, mengapresiasi pihak yang telah berkontribusi atas pencapaian misi dagang untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk Indonesia di India.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar Indonesia untuk India beserta jajaran KBRI New Delhi, Atase Perdagangan New Delhi, dan ITPC Chennai atas kerja keras mereka dalam mempersiapkan segala kegiatan dalam misi dagang di India kali ini,” ujarnya.
Ia menjelaskan, misi dagang Kemendag ke India adalah bagian dari misi ekonomi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Asia Selatan.
Usai dari India, delegasi misi dagang akan menuju Pakistan. Sampai saat ini, telah terdaftar 24 orang delegasi bisnis dari 23 perusahaan Indonesia yang akan berpartisipasi dalam misi dagang Pakistan.
Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor produk pertanian, elektronik, teh, tekstil, kelapa sawit dan turunannya, serta jasa. Dalam kunjungan ke Pakistan, Indonesia juga akan menindaklanjuti kerja sama Indonesia-Pakistan Preferential Trade Agreement (IP-PTA) yang kini dalam masa review.
Dorong India Dukung Penyelesaian RCEP
Saat berada di India, Indonesia juga membawa “Pesan ASEAN” untuk India yang memastikan agar perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) selesai tahun ini. Indonesia menyampaikan Pesan ASEAN kepada India di setiap kesempatan pada berbagai pertemuan internasional.
“Saya percaya India akan mendukung ASEAN untuk menyelesaikan Perundingan RCEP tahun ini. Indonesia sangat berkepentingan memastikan agar India tetap berada di dalam RCEP bersama 15 negara lainnya,” kata Enggar.
Enggar yakin India akan selalu melihat ASEAN dan negara mitra ASEAN sebagai mitra dagang dan investasi yang penting. Sehingga, India akan berupaya memperkuat kerja sama dengan ASEAN dan negara-negara mitra ASEAN. (agi)
Baca dong https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180125142124-92-271518/ada-potensi-dagang-indonesia-india-sebesar-us-216-miliarBagikan Berita Ini
0 Response to "Ada Potensi Dagang Indonesia-India Sebesar US$2,16 Miliar"
Posting Komentar